You are here: Home > > ISLAMISASI TEKNOLOGI

ISLAMISASI TEKNOLOGI

Tidak dapat dipungkiri pada saat ini manusia tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Siapapun, kapanpun, dan di manapun semuanya sangat tergantung dengan teknologi.
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai dikenal sebelum sains dan teknik. Berbeda dengan ilmu pengetahuan yang merupakan input dari proses rekayasa, teknologi adalah hasil proses rekayasa dari ilmu pengetahuan.
Teknologi dibuat dengan tujuan mempermudah pekerjaan manusia, sehingga jika kenyataannya malah mempersulit, berarti tidak bisa disebut teknologi. Teknologi tidak hanya sekedar berupa penemuan saintifik namun juga termasuk di dalamnya penemuan-penemuan kuno seperti roda dan sebagainya.
Saat ini masyarakat dunia cenderung menganggap bahwa teknologi adalah hasil karya orang-orang Barat, padahal tidak sedikit orang Islam yang ikut andil dalam merintis bidang ini. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman dari kesalahpahaman tersebut.
Sebagian besar teknologi dicetuskan muslim
Manusia dituntut untuk berbuat sesuatu dengan sarana teknologi. Sehingga tidak mengherankan jika abad ke-7 M telah banyak lahir pemikir Islam yang tangguh produktif dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kepeloporan dan keunggulan umat Islam dalam bidang ilmu pengetahuan sudah dimulai pada abad itu.
Jika diteliti secara mendalam, ayat-ayat Al Qur’an yang pertama kali turun ternyata mengandung unsur-unsur teknologi, selain didalamnya terdapat perintah untuk membaca tentunya. Pada masa-masa menjelang kenabian, kaum jahiliyyah mengalami kemunduran yang signifikan dalam bidang sains, teknologi, maupun intelektual sehingga turunnya Al Qur’an menjadikan kaum muslimin mengkaji dan mulai mengembangkan sains dan teknologi bersumber dari kalam ilahi. Sebagian dari hasil pengkajian dan penelitian tentang Al Qur’an diantaranya tentang cakrawala yang bergerak secara terapung , pergerakan bumi , dan atom adalah benda terkecil .
Berdasarkan dari kalam Allah tersebut, umat Islam mulai meneliti berbagai kemukjizatan Al Qur’an yang tak lekang oleh waktu dan senantiasa sesuai dengan perkembangan jaman. Menjelang pertengahan abad kesembilan, ilmu pengetahuan yang semakin berkembang membuktikan fakta bahwa sains yang dibawa Al Quran adalah benar dan ilmu dalam kitab itu mendahului zaman ketika ia diturunkan dan semakin mengukuhkan bahwa Al Qur’an adalah kalam Allah, bukan buatan manusia.
Kebenaran fakta al-Quran semakin meyakinkan dan pelbagai rahasia kitab suci itu terus digali sehingga kegemilangan sains terus disingkap dalam tamadun Islam menerusi perkembangan ilmu dan penciptaan teknologi. Kemudian muncul nama-nama besar ilmuwan dan saintis Islam seperti Ibnu Haitam (sains optik), Ibnu Yunus (penciptaan jam), Ibnu Nafis (sistem lengkap peredaran darah), Ibnu Sina (sains perubatan), al-Biruni (astronomi), al-Khawarizmi (matematika) dan Ibnu Rusyd (filsafat). Dan ternyata penemuan Ibnu Haitam mengenai hakikat gravitasi jauh lebih awal sebelum dijadikan teori oleh Isaac Newton.
Hal serupa juga ditemui pada konsep penerbangan seperti dijelaskan oleh Ibnu Firnas dan kemudian diadaptasi Wilbur Wright dan Oliver Wright. Ibnu Firnas juga sudah menjalankan kajian cakrawala kira-kira 600 tahun sebelum Leonardo da Vinci melakukannya.
Ironisnya, pengembangan ilmu dan kegemilangan peradaban Islam itu tidak dapat diteruskan, seolah-olah usaha itu seumpama api yang kehabisan minyak, semakin lama semakin meredup berbarengan ketika berakhirnya Kerajaan Abbasiyah. Berbagai maklumat dan penemuan penting juga dikatakan hilang ketika berlakunya Perang Salib.
Masyarakat Barat yang suatu ketika dulu turut menggali ilmu hasil cernaan cendekiawan muslim sebaliknya mulai mengambil alih peranan mengembangkan ilmu pengetahuan. Yang sangat disayangkan bahwa kemajuan-kemajuan itu tidak sempat ditindaklanjuti dengan sebaik-baiknya sehingga tanpa sadar umat Islam akhirnya melepaskan kepeloporannya. Lalu bangsa Barat dengan mudah mengambil dan menransfer ilmu dan teknologi yang dimiliki dunia Islam dan dengan mudah pula mereka berbuat licik yaitu membelenggu para pemikir Islam sehingga sampai saat ini bangsa Baratlah yang menjadi pelopor dan pengendali ilmu pengetahuan dan teknologi. Ironisnya, seolah-olah mereka mencoba menafikan kegemilangan cendekiawan muslim. Orang-orang Barat mengganti nama saintis Muslim dengan berbagai nama diantaranya Ibnu Sina kepada Avicenna, Al-Biruni (Alberuni), Al-Battani (Albetagnius), Ibnu Haitam (Alhazen), Al-Kindi (Alkindus) dan Ibnu Rusyd (Averroes). Sehingga kini, tidak mengherankan jika kajian dan pengembangan ilmu pengetahuan tidak lagi didominasi umat oleh Islam. Kegemilangan ilmu pada peradaban Islam kini sekedar mampu dikenang, ia sekedar mampu dibanggakan pencapaiannya.
Dengan pengaruh besar dan strategi yang cukup ‘licik’, manusia termasuk umat Islam kini lebih mengenali ilmuwan Barat dalam pelbagai bidang, Issac Newton lebih dikenali daripada Ibnu Haitam dan Wright bersaudara lebih dikenali daripada Ibnu Firnas.
Bagaimanapun, kegemilangan Islam menguasai ilmu senantiasa diabadikan. Saintis Islam, Dr. Fuat Sezgin menjejak, mengumpul dan mengembalikan khazanah ilmu hasil peradaban Islam yang ‘hilang’ melanjutkan perintisan Institut Sejarah Sains Islam- Arab di Frankfurt di Johann Wolfgang Goethe Universiti, Frankfurt, Jerman pada 1982.
Mengislamkan teknologi
Saat ini telah banyak teknologi milik Barat yang ternyata adalah hak paten kaum muslim. Berikut ini beberapa contoh teknologi yang merupakan hasil karya orang Islam.
1. Operasi Bedah
Sekitar tahun 1000 M, Al-Zahawi mempublikasikan 1500 ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai referensi medis selama lebih dari 500 tahun. Diantara banyak penemu, Zahrawi yang menggunakan larutan usus kucing sebagai benang jahitan, sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga diceritakan telah melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat penjepit pembedahan.
2. Mesin Terbang
Abbas bin Firnas adalah orang yang pertama membuat konstruksi pesawat terbang dan menerbangkannya. Pada abad ke-9 dia mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk layaknya kostum burung. Dalam percobaannya yang terkenal di Cordova Spanyol, Ibnu Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci beberapa ratus tahun kemudian.
3. Aljabar
Kata aljabar berasal dari judul kitab matematikawan terkenal Persia pada abad ke-9 ‘Kitab Al-Jabr Wa Al-Muqobalah’ yang kemudian diterjemahkan ke dalam buku ‘The Book of Reasoning and Balancing’. Membangun akar sistem Yunani dan Hindu, aljabar adalah sistem pemersatu untuk nomor rasional, nomor tidak rasional dan gelombang magnitudo. Matematikawan lainnya Al-Khawarizmi juga yang pertama kali memperkenalkan konsep angka menjadi bilangan yang bisa mempunyai kekuatan.
4. Optik
Banyak kemajuan penting dalam studi optik datang dari dunia muslim. Antara tahun 1000 M Ibnu Haitam membuktikan bahwa manusia melihat obyek dari refleksi cahaya dan masuk ke mata, mengacuhkan teori Euclid dan Ptolemy bahwa cahaya dihasilkan dari dalam mata sendiri. Fisikawan hebat muslim lainnya juga menemukan fenomena pengukuran kamera di mana dijelaskan bagaimana mata gambar dapat terlihat dengan koneksi antara optik dan otak.
5. Sikat gigi
Nabi Muhammad saw mempopulerkan penggunaan sikat gigi pertama kali pada tahun 600 M. Beliau menggunakan ranting pohon miswak (kayu ‘aroq) untuk membersihkan gigi dan menyegarkan nafas. Substansi kandungan pada miswak (lebih populer dengan sebutan siwak) juga digunakan pada pasta gigi modern.
6. Engkol
Banyak dasar sistem otomatis modern yang pertama kali berasal dari dunia muslim, termasuk pemutar yang menghubungkan sistem. Dengan mengkonversi gerakan memutar dengan gerakan lurus, pemutar memungkinkan obyek berat terangkat relatif lebih mudah. Teknologi tersebut ditemukan oleh Al-Jazari pada abad ke-12, kemudian digunakan dalam penggunaan sepeda hingga kini.
Perspektif Islam tentang teknologi
Para ilmuwan Barat dari abad ke abad kian mendewa-dewakan rasionalitas bahkan telah menuhankan ilmu dan teknologi sebagai kekuatan hidupnya. Mereka menyangka bahwa dengan iptek mereka pasti bisa mencapai segala sesuatu yang ada di bumi ini dan merasa dirinya berkuasa dengan menundukkan langit bahkan mengira akan dapat menundukkan segala yang ada di muka bumi ini. Sehingga tokoh-tokoh mereka merasa mempunyai hak untuk memaksakan ilmu pengetahuan dan teknologinya itu kepada semua yang ada di bumi agar mereka bisa mendikte dan memberi keputusan terhadap segala permasalahan di dunia. Sebenarnya masyarakat Barat itu patut dikasihani karena akibat kesombongannya itu mereka lupa bahwa manusia betapapun tinggi kepandaiannya hanya bisa mengetahui kulit luar atau hal-hal yang lahiriah saja dari kehidupan semesta alam. Manusia hanya diberi ilmu pengetahuan yang sedikit dari kemahaluasan ilmu Allah. Di atas orang pintar ada lagi yang lebih pintar dan sungguh Allah swt benci kepada orang yang hanya tahu tentang dunia tetapi bodoh tentang kebenaran yang ada di dalamnya.
Tampaknya manusia di masa depan akan mencapai taraf kemakmuran yang lebih tinggi dan memperoleh kemudahan-kemudahan yang lebih banyak lagi. Walaupun demikian kita juga menyaksikan betapa batin manusia zaman sekarang selalu mengerang karena sifat kerakusan manusia semakin merajalela dan perasaan saling iri antara perorangan atau kelompok telah menyalakan api kebencian di mana-mana. Kata orang bijak di dunia sekarang ini nafsu manusia lebih besar daripada akal sahabatnya. Kebanyakan manusia di dunia kini hanya mengingat kesenangan hidupnya dan lupa kepada Tuhannya. Ia mengira bahwa dunia ini adalah segalanya, tak ada kelanjutannya dan tak ada kehidupan kecuali di dunia saja. Benar jika agama Islam tidak menghambat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga tidak anti terhadap barang-barang produk teknologi baik di jaman lampau di masa sekarang maupun di waktu-waktu yang akan datang. Demikian pula ajaran Islam tidak akan bertentangan dengan teori-teori pemikiran modern yang teratur dan lurus dan analisa-analisa yang teliti dan obyekitf. Dalam pandangan Islam menurut hukum asalnya segala sesuatu itu adalah mubah termasuk segala apa yang disajikan oleh berbagai peradaban baik yang lama ataupun yang baru. Semua itu sebagaimana diajarkan oleh Islam tidak ada yang hukumnya haram kecuali jika terdapat nash atau dalil yang tegas dan pasti mengharamkannya. Bukanlah Al Qur’an sendiri telah menegaskan bahwa agama Islam bukanlah agama yang sempit?
Adapun peradaban modern yang begitu luas memasyarakatkan produk-produk teknologi canggih seperti televisi video alat-alat komunikasi dan barang-barang mewah lainnya serta menawarkan aneka jenis hiburan bagi tiap orang tua, muda ataupun anak-anak yang tentunya alat-alat itu tidak bertanggung jawab atas apa yang diakibatkannya tetapi di atas pundak manusianyalah terletak semua tanggung jawab itu. Sebab adanya pelbagai media informasi dan alat-alat canggih yang dimiliki dunia saat ini dapat berbuat apa saja kiranya faktor manusianyalah yang menentukan operasionalnya. Ada kalanya menjadi manfaat yaitu manakala manusia menggunakan dengan baik dan tepat. Tetapi dapat pula mendatangkan dosa dan malapetaka manakala manusia menggunakannya untuk mengumbar hawa nafsu dan kesenangan dunia semata. Teknologi ibarat pisau. Jika dipakai untuk mengiris atau memotong sayuran, maka bukanlah sebuah keharaman. Tetapi jika digunakan untuk mengancam sesamanya ataupun membunuh, maka jelaslah keharamannya. Lihatlah teknologi software kitab atau lebih populer dengan sebutan maktabah syamilah. Kaum santri yang notabene dulunya masih kesulitan ketika mancari ibarat-ibarat dalam kitab, kini mulai menggunakan software ini. Maktabah syamilah yang berisi puluhan ribu kitab telah menjadi jurus ampuh bagi kaum santri dan tentunya lebih efisien waktu dan biaya. Bayangkan jika tanpa ada maktabah syamilah, mencari ibarat dalam kitab pasti akan mengalami kesulitan dan memakan waktu yang tidak sebentar. Begitu juga dengan biaya, membeli puluhan ribu kitab pastilah memakan biaya yang sangat mahal.
Penutup
Yang jelas, kita sebagai muslim harus senantiasa menjalankan syari’at Islam serta tidak boleh tertinggal oleh perkembangan jaman melalui mahir berteknologi bahkan menciptakan sebuah teknologi. Kemudian perlu diperhatikan substansi teknologi. Apakah sekadar untuk menuruti keinginan-keinginan syahwat lalu tenggelam dalam kemewahan dunia hingga melupakan akhirat dan menjadi pengikut-pengikut setan? Ataukah sebaliknya semua ilmu dan kemajuan itu dicari untuk menegakkan syariat Allah guna memakmurkan bumi dan menegakkan keadilan seperti yang dikehendaki Allah serta untuk meluruskan kehidupan dengan berlandaskan pada kaidah hukum-hukum Islam? Itulah pertanyaan dan tantangan bagi kita yang harus dijawab dengan pemikiran yang berwawasan jauh ke depan.
Namun terlepas dari problema dan kekhawatiran-kekhawatiran sebagaimana diuraikan di atas kita sebagai umat Islam harus selalu optimis dan tetap bersyukur kepada Allah swt seperti yang telah dijelaskan dalam firman-Nya, “lain syakartum laazidannakum walain kafartum inna ‘adzabiy lasyadid”.
Akhirnya, jangan pernah takut untuk berpikir, mencoba dan mebuat inovasi karena kebenaran hanya milik Allah, dan kekurangan adalah milik kita semua.

DAFTAR PUSTAKA
Arief Hikmah. 9 Penemuan Muslim yang Menggoncang Dunia. Artikel diakses pada 26 Juni 2010 dari http://ariefhikmah.com/sejarah/9-penemuan-muslim-yang-menggoncang-dunia/.
Azuddin Jud Ismail. KM Sejarah Sains dan Teknologi Islam. Artikel diakses pada 1 Januari 2009 dari http://www.scribd.com/doc/8938868/Azuddin-Jud-Ismail-KM-Sejarah-Sains-Teknologi-Islam.
Definisi Teknologi. Artikel diakses pada 20 Januari 2010 dari www.wikipedia.com.
Persepsi Islam Terhadap Perkembangan Sains dan Teknologi. Artikel diakses dari http://blog.re.or.id/persepsi-islam-terhadap-perkembangan-sains-dan-teknologi.htm.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
publisher: 7 templates