You are here: Home > > Penting!!! Wajib Dibaca...

Penting!!! Wajib Dibaca...

1. Menjual kitab atau buku yang tidak ada manfaatnya, serta bisa membahayakan pembaca dan orang lain, hukumnya diharamkan seperti menjual buku perbintangan (ilmu sihir), buku filsafat wa akhowatuha (dan saudara-saudaranya.red).
2. Perbuatan atau ucapan seseorang yang bisa membangkitkan orang lain untuk melakukan atau mengucapkan sesuatu yang diharamkan (provokasi), maka termasuk maksiat dan larangan agama.
3. Dokter yang memberikan resep saja (tanpa obat.red), baginya tidak berhak mendapatkan ongkos dengan apa yang telah ia beritahukan. Karena apa yang telah ia katakan (ilmu pengobatan.red) tidak akan berpindah pada orang lain, bahkan ia masih tetap tahu dan orang lain juga tahu, meskipun resep obat itu hanya dia yang mengetahuinya (apa salahnya sich, bagi-bagi ilmu gratis.red).
4. Mengucapkan salam (semisal dalam ceramah.red) ketika di dahului ucapan lain (termasuk baca basmalah dulu.red), maka telah hilang tempat atau kesunnahan salam, sebab salam adalah penghormatan pada umat Muhammad yang wajib untuk diawalkan dari apapun. Artinya, melafadzkan salam disunnahkan untuk dilakukan sebelum mengucap sepatah katapun.
5. Sesungguhnya orang yang melangkahi leher manusia (berangkat terakhir, mau duduk di depan.red) pada hari jumuah dan memisahkan antara 2 orang setelah imam keluar (mau khutbah.red), seperti menarik ususnya di neraka.
6. Sebagian dari nasihat Rasulullah SAW kepada umatnya, “tanda-tanda berpalingnya Allah dari hambanya yakni apabila hamba itu sibuk dalam melakukan perkara yang tidak berfaedah bagi dirinya sendiri dan hamba itu menggunakan umurnya untuk melakukan perkara yang tidak menjadi tujuan diciptakaimya yaitu beribadah, tentu pantas baginya untuk mengeluh atau bersedih dalam waktu yang lama. Dan apabila hamba itu telah menginjak usia 40 tahun tetapi amal baiknya tidak bisa melebihi amal buruknya, maka sebaiknya ia bersiap-siap masuk neraka. Nasehat ini sudah cukup untuk orang-orang yang berilmu.

Maroji’:
1. Mughni Al Muhtaj, Juz 2. hal 12
2. Is’ad Ar Rofiq Juz 2. hal 93
3. lhya’ Ulum Ad Din Juz 2. hal 153
4. Dalil Al Falihin Juz 5. hal 343
5. At Targhib Wat Tarhib. hal 29
6. Ayyuhal Walad. hal 3
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Responses to “Penting!!! Wajib Dibaca...”:

Leave a comment

publisher: 7 templates